Info Praktis

Indonesia dikenal sebagai Negara yang nyaman untuk bersantai. Meskipun demikian, Indonesia memiliki sejumlah kebiasaan yang layak diketahui dan dimengerti oleh para pengunjung yang datang ke Indonesia. Beberapa kebiasaan dan peraturan yang perlu diperhatikan:

  1. Walaupun terbiasa dengan budaya bersalaman, namun kaum muslimah biasanya hanya akan menganggukan kepala mereka dan tersenyum saat berkenalan/bertemu dengan kaum pria. Ajakan untuk bersalaman biasanya didahului oleh kaum perempuan. Cara bersalaman dilakukan dengan kedua tangan dan kemudian menjabatnya dengan tidak terlalu keras. Kaum pria biasanya mengulurkan kedua tangannya ke arah lawan bersalamannya kemudian setelah bersalaman, tangan kanannya akan ia letakkan ke dadanya, yang berari “saya menyambutmu dengan hati”.
  2. Dengan alasan kesopanan, dianjurkan untuk mengabari/menelepon terlebih dulu sebelum datang berkunjung ke rumah kerabat.
  3. Dianjurkan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki rumah seseorang yang dikunjungi
  4. Minuman yang biasanya disediakan untuk tamu dianjurkan untuk diminum/diterima.
  5. Gunakan tangan kanan saat makan atau menerima dan memberikan barang kepada orang lain.
  6. Jari telunjuk kanan tidak dianjurkan untuk digunakan ketika menunjuk satu objek, melainkan jari jempol dengan posisi keempat jari terlipat lebih disarankan untuk digunakan saat menunjuk suatu objek.
  7. Lepaskan alas kaki ketika memasuki tempat ibadah seperti mesjid maupun kuil. Beberapa mesjid menyediakan kain penutup dan kerudung untuk pengunjung perempuan. Memotret biasanya diperbolehkan di tempat-tempat ibadah, dengan meminta ijin terlebih dulu.
  8. Bersulang tidak dilakukan di Indonesia. Negara yang mayoritas berpenduduk muslim ini tidak minum minuman beralkohol.

Berikut beberapa informasi penting dan bermanfaat bagi Anda yang akan berkunjung ke Jakarta, agar perjalanan Anda menjadi mudah dan menyenangkan. Info yang akan disajikan seputar imigrasi sampai nomor telepon penting. Pelajari terelbih dulu sebelum Anda mulai berkemas.

VISA

Semua pengunjung yang akan memasuki Indonesia wajib memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal kedatangan, dan juga mesti memiliki tiket untuk kembali ke Negara asal pengunjung.

Visa-on-Arrival:

Pemerintah Indonesia memberikan Visa on Arrival (VoA) kepada 63 negara yang dapat diperoleh di airport maupun di pelabuhan kota tujuan. Masa berlaku VoA adalah 30 hari dan dapat diperpanjang 30 hari berikutnya dengan mengajukan permohonan di kantor imigrasi di Indonesaia.

Negara yang Dapat Memperoleh fasilitas VoA:

1. Algeria, 2. Australia, 3.Argentina, 4. Austria, 5. Bahrain, 6. Belgium, 7. Brazil, 8. Bulgaria, 9. Cambodia, 10. Canada, 11. Cyprus, 12. Denmark, 13. Egypt, 14. Estonia, 15.Fiji, 16. Finland, 17.France, 18. Germany, 19.Greece 20.Hungary, 21.Iceland, 22.India, 23.Iran, 24. Ireland, 25.Italy, 26. Japan, 27.Kuwait, 28. Laos PDR, 29.Latvia, 30.Libya, 31. Lithuania, 32.Liechtenstein, 33. Luxemburg, 34. Malta, 35. Maldives, 36.Monaco, 37. Mexico, 38. New Zealand, 39. the Netherlands, 40. Norway, 41. Oman, 42. Panama, 43. The People’s Republic of China, 44.Poland, 45. Portugal, 46.Qatar, 47.Rumania, 48.Russia, 49.South Africa, 50.South Korea, 51.Switzerland, 52.Saudi Arabia, 53. South Africa, 54.Spain, 55.Suriname, 56.Sweden, 57.Slovakia, 58.Slovenia, 59.Taiwan, 60. Tunisia. 61.the United Arab Emirates, 62. the United Kingdom, 63. The United States of America.

Entry Ports Where Visa-on-Arrival May Be Issued are:

Bandara:

  • Soekarno-Hatta, Jakarta
  • Ngurah Rai, Bali
  • Sultan Syarif Hasim, Pekanbaru
  • Minangkabau, Padang
  • Juanda, Surabaya
  • Sam Ratulangi, Manado

Pelabuhan yang memiliki ijin untuk mengeluarkan VoA:

Batam: Sekupang, Batuampar, Nongsa, Marina, and Teluk Senimba, Bandar Bintan, Talani Lagoi, Tanjung Balai Karimun, and Bandar Sri Udana Labon in the Riau archipelago, Sri Bintan Pura in Tanjung Pinang; Belawan port and Sibolga in North Sumatra, Yos Sudarso Tanjung Perak in Surabaya; Teluk Bayur of Padang; Tanjung Priok harbor at Jakarta; Padang Bai and Benoa ports in Bali; the port of Jayapura; Bitung; Tanjung Mas in Semarang, Central Java; Tenua and Maumere in East Nusa Tenggara, Pare-Pare and Soekarno Hatta port in South Sulawesi.

Visa Turis Gratis

Visa turis gratis bagi pengunjung dengan masa berlaku 30 hari dapat diperpanjang hanya untuk pengunjung dari 12 negara berikut:Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong SAR, Macao SAR, Chile, Equador, Morocco dan Peru,

Permohonan Visa di Kedutaan Indonesia atau Konsulat

Pengunjung dari negara lain dapat mengajukan permohonan visa di kedutaan Indonesia atau Konsulat Indonesia di negaranya masing-masing. Visa tidak dapat digantikan dengan surat lain dari imigrasi. Visa akan diurus oleh petugas pengurus Visa di tempat pemohon mengajukannya.

nfo lebih detil mengenai Kedutaan ataupun Konsulat Indonesia dapat Anda ditemukan di website Kementrian Luar Negeri di https://kemlu.go.id/portal/id

Bea Cukai

Bawaan maksimal yang boleh dibawa masuk ke Indonesia sesuai peraturan bea cukai:

  • 1 liter minuman beralkohol
  • 200 batang rokok atau 50 batang cerutu atau 100 gram tembakau
  • Minyak wangi secukupnya per orang dewasa, jika kedapatan minyak wangi Anda tumpah, petugas bea cukai tak akan mebolehkan Anda membawa botol-botol minyak wangi yang terlalu banyak.
  • Kamera, kamera video, radio jinjing, perekam kaset, keker dan alat-alat olahraga wajib dilaporkan ke petugas bea dan cukai

Anda dilarang membawa:

  • Senjata
  • Obat-obatan narkotika
  • Barang-barang berbau pornografi
  • Tinta dan obat-obatan Cina
  • Pemancar dan Penerima elektronik dan telepon nirkabel
  • Film, rekaman video, laser disc, VCD dan DVD harus sudah melewati badan sensor.
  • Mata uang asing dan traveller’s check boleh dibawa serta. Mata uang asing yang diperbolehkan hanyalah di bawah 100 juta rupiah.

Info lebih lanjut seputar bea cukai dan pajak di Indinesia, silahkan kunjungi www.beacukai.go.id.

Listrik yang digunakan 220 Volts. Perangkat elektronik seperti alat pengering rambut, seterika dan pisau cukur bisa digunakan di Indonesia. Untuk pengunjung dari Negara lain adapter diperlukan untuk peralatan listrik. Frekwensi arus listrik di Indonesia adalah 50Hz. Indonesia menggunakan steker listrik tipe F, walupun G juga masih terlihat namun tidak umum.

Indonesia menyediakan jaringan GSM untuk telepon selular. Ada beberapa operator selular di sini dan jaringannya sudah dapat menjangkau pulau-pulau besar, walaupun ada juga beberapa area yang terkadang tidak mendapat sinyal. Kode area untuk Indonesia adalah +62. Kode area untuk Jakarta adalah 021