Proses Karantina Finalis Abang dan None Jakarta 2015 dimulai, aroma kompetisi mulai tercium

Jakarta, 03 Agustus 2015

Para finalis abang dan none Jakarta tahun 2015 telah selesai melaksanakan diklat pembentukan mental dan fisik selama 3 hari di Rindam Jaya, Gunung Bunder Bogor. Menurut salah satu pelatih Letnan satu Abunasri “pelatihan ini mengajarkan disiplin dan memupuk rasa cinta Tanah Air sehingga Abang None akan menjadi pribadi yang disiplin dan makin mencintai budaya bangsa”

Setelah mengikuti pembekalan fisik dan mental di Rindam Jaya, Gunung Bunder, Bogor para finalis akan melanjutkan perjalanan  ke tahapan pembekalan dan karantina. Sesi pembekalan Finalis Abang dan None Jakarta tahun 2015 berlangsung dari tanggal 30 Juli sampai 6 Agustus 2015. Pembekalan Finalis Abang dan None Jakarta tahun 2015 akan diisi oleh akademisi dan professional yang berpengalaman di bidangnya. Untuk materi Keprotokoleran diisi oleh Dirjen Konsuler dan Keprotokoleran dari Kementerian Luar Negeri, Bapak Ahmad Rusdi. Untuk memperkaya wawasan para finalis tentang cara memakai Busana dan Aksesoris Betawi, mereka akan diajar oleh Bapak Yoyo dari Lembaga Kebudayaan Betawi.

Sebagai Duta Wisata Jakarta yang bertugas untuk mempromosikan program kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, para Finalis Abang dan None Jakarta tahun 2015 juga mendapatkan pembekalan dari Bapak Setiadji dari Jakarta Smart City. Selain mendapat pembekalan di bidang formal, finalis Abang dan None Jakarta 2015 juga mendapatkan pembekalan di bidang lain seperti materi Public Speaking oleh Tommy Cokro, pembekalan tentang seni Peran oleh Reza Rahardian, pembekalan Teknik Vocal oleh Otti Jamalus, materi Hosting oleh Indra Bekti, materi Komunikasi dalam Bahasa Asing oleh tim dari LSPR dan Entrepreneur akan diisi oleh bapak Hadi Wenas dari Matahari.co.id

Selain mendapatkan materi dari narasumber professional Finalis Abang dan None Jakarta tahun 2015 juga mendapatkan pembekalan dari para dewan juri, diantaranya adalah pembekalan Psikologi dari Ibu  Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, Pembekalan Etika dan Tata Busana oleh Ratih Sanggarwati, Pembekalan Pemerintahan oleh Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Hj. Sylviana Murni ,SH,M.Si, Pembekalan Teknik Komunikasi dan Public Relation oleh Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, Pembekalan Marketing oleh Hermawan Kertajaya, Pembekalan Kepariwisataan oleh  Dr. Robert P. Silalahi, M.Si, Pembekalan Sejarah dan Kebudayaan Betawi oleh Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi Bapak Tatang Hidayat. Selain jajaran juri diatas, Ibu Happy Farida Djarot juga akan bergabung sebagai Juri Abang None Jakarta 2015 sebagai Juri Pengetahuan Umum.

Finalis Abang dan None tidak hanya diberikan pembekalan tetapi juga dilibatkan juga dalam kegiatan bakti sosial yang akan diadakan 8 Agustus 2015 bertempat di Panti Sosial Cipayung. Kegiatan ini juga merupakan salah satu perwujudan kepedulian sosial finalis Abang dan None Jakarta tahun 2015. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menegaskan bahwa Abang dan None bukan saja menjadi Duta Wisata dan Budaya tetapi juga menjadi panutan dalam kegiatan kemasyarakatan dan sosial.

Untuk memperdalam ilmu, Finalis Abang dan None Jakarta tentang Komunikasi, Media dan Public Relation, mereka akan mengadakan kunjungan ke KompasTV Palmerah. Berbagai materi dan kegiatan yang diberikan kepada Finalis Abang dan None Jakarta akan menjadi bekal mereka dalam mengemban tugas sebagai Duta Wisata dan Budaya DKI Jakarta.

 “Suatu hal yang baru dalam pemilihan Abang None Jakarta 2015, Abang None Favorit akan dipilih melalui media sosial yaitu instagram akan dimulai pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 2015” ucap Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Bidang Daya Tarik Destinasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Dipilihnya media sosial Instagram sebagai sarana untuk memilih Abang None Favorit sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Puncak dari rangkaian kegiatan Pemilihan Abang dan None Jakarta tahun 2015, yaitu Malam final Abang dan None Jakarta tahun 2015 akan disiarkan langsung oleh Kompas TV pada tanggal 14 Agustus 2015 pukul 19.00 – 21.00 WIB. Acara tersebut akan dilaksanakan di The Hall - Kota Kasablanka.